Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Berita

10 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Submitted by on 9 March, 2017 – 01:11No Comment


Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 8 Maret, kali ini Cabe Rawit akan membahas 10 wanita paling berpengaruh di dunia dengan harapan dapat memberi inspirasi kepada teman-teman semua. Siapa sajakah mereka? Simak artikel berikut ini:

  1. Angela Merkelangela-merkel-austerity-europe-germany
  2. Janet Yellen 151216151123-janet-yellen-raise-rates-1024x576Janet Yellen menduduki kursi tertinggi di U.S. Federal Reserve System. Sejak masa jabatan beliau pada tahun 2014, ia telah melakukan perubahan luar biasa dengan mampu menaikkan jumlah suku bunga hingga dua kali lipat. Beliau memiliki kemampuan yang unik yaitu mampu menyampaikan berbagai macam hal hanya dengan logika dan kalimat yang simple.
  3. Melinda Gates28620EDC-EC43-4223-9873-85DEC91190C8_mw1024_mh1024_sSosok Melinda Gates yang berhati mulia sangat menyita perhatian masyarakat dunia ketika ia mendonasikan lebih dari 36.7 miliar dollar Amerika Serikat kepada yayasan yang dibangun bersama suaminya, Bill Gates, pada tahun 2000. Yayasan tersebut dengan giat memberikan berbagai bantuan pendidikan yang berkualitas dan bantuan kesehatan kepada orang yang membutuhkan sehingga menyorot perhatian publik. Yayasan tersebut juga sangat gencar memerangi penyakit menular, serta selalu menginspirasi warga yang kurang mampu untuk terus semangat menjalani hidup.
  4. Sri Mulyaniindoniesia-finance-minister-sri-mulyaniTeman-teman semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan wanita hebat yang satu ini. Sri Mulyani, nama besarnya mencuat ketika pada tahun 2010 ia ditunjuk sebagai direktur pelaksana Bank Dunia. Sebelum berkiprah di Bank Dunia, Sri Mulyani juga sempat menjadi Menteri Keuangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah 6 tahun berkarir di Bank Dunia, Sri Mulyani “turun gunung” untuk mengabdikan diri kepada negaranya Indonesia dengan kembali menjadi menteri keuangan pada era Presiden Joko Widodo.
  5. Christine LagardeimagesSosok Christine Lagarde tentu saja patut menjadi inspirasi kepada wanita-wanita di seluruh dunia. Wanita berusia 61 tahun asal Perancis ini pada Februari 2016 lalu kembali terpilih untuk memimpin International Monetary Fund (IMF) untuk periode 5 tahun ke depan dengan melayani 188 negara sebagai penasihat ekonomi. Dengan prestasi yang luar biasa pada tahun 2011 dimana ia mampu mengendalikan gejolak ekonomi dunia, kemampuanya tidak perlu diragukan lagi.
  6. Mary Barra249327e5a885a3bf1c0b0d1c77a03a85Dunia otomotif selalu dikaitkan dengan kaum pria. Namun, Mary Barra mampu mengejutkan publik dunia dimana ia menjadi CEO wanita pertama di dunia otomotif. Wanita asal Amerika Serikat ini menjabat CEO General Motors sejak 15 Januari 2015 dan secara mengejutkan telah menaikkan total pendapatan General Motors secara drastis.
  7. Hilary ClintonHillary_Clinton_official_Secretary_of_State_portrait_cropSosok Hillary Clinton sangat disorot pada pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016 lalu dimana ia diusung oleh Partai Demokrat sebagai calon presiden. Banyak kalangan yang memprediksi Hillary akan menjadi presiden wanita pertama Amerika Serikat. Walaupun akhirnya ia harus mengakui keunggulan suara Donald Trump, sosok Hillary Clinton tetaplah patut diacungi jempol. Hillary, yang merupakan istri dari Bill Clinton, Presiden Amerika Serikat periode 1993-2001 sudah sangat lama aktif berkecimpung di dunia pemerintahan. Selain menjadi politikus dari Partai Demokrat, Hillary juga aktif dalam anggota dewan bagian New York. Ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris negara pada masa pemerintahan Presiden Barrack Obama.
  8. Michelle Obamamichelle-obama-05f99b947776ef58Sama seperti Hillary Clinton, Michelle Obama juga pernah menjadi Ibu Negara Amerika Serikat pada masa pemerintahan Presiden Barrack Obama pada periode 2009-2017. Wanita alumni Universitas Harvard ini sangat menginspirasi masyarakat dunia dimana pada akhir masa jabatan Presiden Barrack Obama, justru Michelle semakin bersemangat meningkatkan dukungan untuk pendidikan, seni budaya, dan juga memerangi penyakit obesitas di Negeri Paman Sam tersebut.
  9. Sheryl SandbergLean-in-Sheryl-Sandberg1Teman-teman semua pasti tahu dan pernah menggunakan Facebook dong? Mendengar nama Facebook pasti identik dengan Mark Zuckerberg. Namun, ternyata dibalik kesuksesan Facebook ada sosok wanita hebat bernama Sheryl Sandberg. Sheryl menjabat sebagai Chief Operating Officer di Facebook. Posisinya yang sangat penting di Facebook tentu bukan suatu kebetulan. Dengan kemampuannya tersebut sudah selayaknya namanya masuk dalam deretan wanita-wanita hebat dunia
  10. Susi Pudjiastuti061498900_1415167562-_Susi-Pudjiastuti-20141105-JohanDari seluruh menteri Kabinet Kerja Republik Indonesia yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, posisi untuk menteri kelautan dan perikanan sangat paling disorot. Bagaimana tidak? Posisi tersebut diduduki oleh Susi Pudjiastuti dengan latar pendidikannya yang hanya tamatan SMP. Susi bahkan tidak menyelesaikan pendidikan SMA-nya. Meskipun tidak memiliki pendidikan tinggi, sosok seorang Susi Pudjiastuti sangatlah menginspirasi kita semua dimana ia selain memiliki perusahaan pabrik pengolahan ikan yang bernama PT ASI Pudjiastuti Marine Product, beliau juga memiliki maskapai penerbangan berjadwal dan charter-an bernama Susi Air yang mempunyai 49 armada. Selain itu, kementerian yang dipimpinnya juga menjadi salah satu kementerian dengan kinerja terbaik.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Penulis: Fincent Sumiko

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.