Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Tips untuk pelajar

Cara Menikmati Liburan Musim Dingin di Tiongkok

Submitted by on 14 January, 2017 – 12:40No Comment

huangshan

Liburan musim dingin sudah tiba! Sebagian dari kalian pasti sekarang sedang sibuk packing, dan bersiap pulang ke Indonesia. Tapi Mr. Cabe juga yakin, pasti ada juga teman-teman yang memilih untuk menghabiskan liburan Imlek ini di Tiongkok. Nah, buat teman-teman yang tidak pulang ke Indonesia, Mr. Cabe punya sedikit tips nih untuk membuat liburan musim dingin ini menjadi lebih penuh warna.

Apa aja sih tipsnya? Yuk, diintip!

 

1. Pergi belanja

Menjelang liburan Imlek, biasanya banyak toko yang mengadakan diskon besar-besaran untuk menghabiskan stok barang a.k.a cuci gudang. Jadi, ini kesempatan baik bagi teman-teman yang suka belanja. Menjelang musim semi, biasanya baju-baju akan diskon besar-besaran, terutama baju musim dingin. Jadi buat teman-teman yang tidak pulang ke Indonesia, ini saatnya bagi kalian untuk dress up! Beli segala perlengkapan yang kalian butuhkan, supaya kalau pergi travelling dan foto-foto, kalian bisa tampil lebih menarik.

 

2. Travelling

Beberapa minggu sebelum Imlek, adalah low season untuk travelling di Tiongkok. Biasanya harga tiket pesawat, hotel, dan tempat wisata akan mengalami penurunan drastis. Nah, ini saatnya bagi kalian untuk pergi travelling. Tempat-tempat mana saja sih yang jadi destinasi favorit di saat musim dingin?

Beijing

Meskipun udaranya cukup dingin, tapi Beijing adalah salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di musim dingin. Danau-danau membeku, sehingga kita bisa main ice skating di atasnya. Selain itu, harga-harga hotel dan objek wisata pun diskon. Mr. Cabe beberapa tahun yang lalu pernah pergi ke Great Wall di Beijing pada saat musim dingin, dan tiket masuknya hanya sekitar 25 yuan. Murah banget ya? Pemandangannya juga keren abis karena Great Wall nya tertutup salju.

Xi’an

Xi’an adalah salah satu kota yang cocok dikunjungi pada musim dingin, mengapa? Karena sebagian atraksinya berada di dalam ruangan alias indoor. Jadi selain tiket masuknya diskon, teman-teman juga tidak akan kedinginan pada saat berwisata ke museum-museum di Xi’an.

Harbin

Jangan mengaku pernah melewati musim dingin di Tiongkok kalau kalian belum pernah ke Harbin. Selain terkenal karena festival Ice & Snow World nya, Harbin juga adalah destinasi paling oke bagi kalian-kalian yang belum pernah melihat salju. Tapi ingat, karena suhunya bisa mencapai minus 20-30, pastikan kalian membeli baju dan peralatan pelindung yang baik jika mau pergi ke Harbin.

Selain tempat-tempat di atas, kalian juga bisa pergi ke :

– Changbaishan, perbatasan Tiongkok dan Korea Utara

– Shenyang, untuk bermain ski dengan harga cukup terjangkau

– Sanya, buat kalian yang ingin kabur dari hawa dingin dan menikmati cuaca tropis

 

3. Menjelajah kota tempat tinggalmu

Bagi kalian yang ingin pergi travelling jauh-jauh, liburan musim dingin juga adalah saat yang tempat untuk menjelajah kota tempat kalian tinggal. Coba buka www.wikitravel.com, siapa tahu ada tempat-tempat menarik di dekat kalian yang belum kalian kunjungi. Kalian juga bisa buka aplikasi Meituan (美团) dan lihat restoran-restoran menarik apa yang ada di sekitar kalian.

 

4. Mencari hobi atau keterampilan baru

Libur musim dingin juga adalah saat yang tepat bagi kalian untuk mencari hobi atau keterampilan baru. Buat kalian yang ingin belajar alat musik, kerajinan tangan, atau olahraga tertentu, sekarang adalah saatnya. Mr. Cabe sendiri biasanya memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar memasak. Mencoba-coba resep yang kita temukan di aplikasi Cookpad, atau bertukar ilmu memasak dengan teman-teman dari negara lain. Mr. Cabe ajari mereka cara memasak masakan Indonesia, dan sebagai gantinya, mereka akan mengajari kita cara memasak makanan khas negara mereka. Seru kan?

 

5. Mengunjungi teman atau saudara

Liburan musim dingin juga bisa kalian manfaatkan untuk berkunjung ke rumah teman atau saudara. Buat yang punya teman baik orang Tiongkok, kalian bisa ikut mereka pulang kampung dan merasakan bagaimana rasanya merayakan Imlek di Tiongkok. Buat teman-teman yang mungkin masih punya saudara atau sepupu di Tiongkok, kalian juga bisa berkunjung ke tempat mereka.

 

Oke, sampai sini dulu ya tips-tipsnya. Kalau teman-teman punya cara lain untuk menikmati liburan musim dingin di Tiongkok, silahkan share di kotak komentar di bawah.

Selamat menikmati liburan musim dingin. Jaga kesehatan dan jaga diri kalau bepergian!

Salam pedas!

 

Penulis : Keven Alberto Yoesup

 

 

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.