Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Profil

Garuda Indonesia, “World Best Cabin Crew 2014”

Submitted by on 13 December, 2014 – 16:30No Comment

Pada hari Selasa, 15 Juli 2014, Garuda Indonesia berhasil menggondol penghargaan “World Best Cabin Crew 2014” dari Skytrax (lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London). Penetapan Garuda Indonesia sebagai “The World’s Best Cabin Crew 2014” tersebut didasarkan pada customer satisfaction survey yang dilaksanakan secara global yang melibatkan lebih dari 18 juta penumpang. Survei dilaksanakan terhadap lebih dari 245 perusahaan penerbangan internasional terbesar hingga penerbangan tingkat domestik mulai Agustus 2013 hingga Mei 2014, dengan mengukur 41 aspek kunci terkait produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan.

Di kesempatan yang singkat ini, tim Cabe Rawit mendapat kesempatan untuk sedikit berbincang-bincang dengan General Manager Garuda Indonesia di Beijing, Bapak Asa Perkasa. Berikut hasil perbincangan kami:

Apakah sebelumnya Garuda Indonesia pernah meraih prestasi yang serupa (“World Best Cabin Crew”)?

Belum pernah, ini pertama kalinya Garuda Indonesia mendapat prestasi “Best Cabin Crew 2014” dari Skytrax. Kami memang mentargetkan prestasi tersebut di tahun ini, dan puji syukur kami mendapatkannya. Artinya Garuda Indonesia sudah lebih baik dari arline-arline yang lain.

Selain “World Best Cabin Crew”, prestasi apa lagi yang pernah diraih Garuda Indonesia?

Garuda Indonesia berhasil meraih penghargaan “The World’s Best Regional Airline” di tahun 2012 dan “The World’s Best Economy Class” di tahun 2013, dimana pelayanan economy class Garuda Indonesia terbaik di antara airline yang lain.

Apa yang membuat Garuda Indonesia berhasil meraih prestasi ini? Apakah ada perubahan sistem yang dilakukan?

Garuda Indonesia mempunyai program yang disebut “Quantum Leap 2011-2015”, yaitu program apa saja yang akan dilaksanakan Garuda Indonesia selama 5 tahun ke depan. Salah satunya adalah target pelayanan berupa produksi dan perbaikan pesawat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia, sehingga Garuda Indonesia bisa menjadi airline tingkat dunia seperti sekarang ini. Program ini juga diharapkan akan membawa Garuda Indonesia menjadi lebih besar lagi, dengan jaringan yang lebih luas dan diiringi dengan kualitas pelayanan yang semakin baik.

Berdasar prestasi-prestasi yang telah diperoleh, apakah Bapak merasa kinerja Garuda Indonesia sudah cukup atau masih perlu ditingkatkan?

Saya pribadi menilai bahwa Garuda Indonesia masih bisa 3 kali lipat lebih baik dari yang sekarang, hanya tantangannya bagaimana karyawan Garuda Indonesia bersama-sama meningkatkan kemampuannya sehingga Garuda Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi. Hingga saat ini Garuda Indonesia sudah mendapat banyak prestasi yang membanggakan, padahal menurut saya, kita belum lari cepat. Artinya kita masih punya peluang untuk kesana.

Pelayanan apa yang akan diberikan Garuda Indonesia kepada para pengguna jasa untuk ke depannya?

Kita lihat dari kebutuhan pasar. Apa yang dibutuhkan pasar, itulah yang kita coba penuhi. Misalkan untuk keluarga, di setiap kursi economy class Garuda Indonesia sudah disediakan in-flight entertainment, dimana penumpang dapat menikmati film, music, dan games yang tersedia. Dengan begitu, kita berharap agar para pengguna jasa merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh Garuda Indonesia.

Sebagai General Manager, apa harapan Bapak untuk Garuda Indonesia?

Saya berharap Garuda Indonesia bisa menjadi 3 kali lipat lebih baik dari sekarang, dan kami tetap membutuhkan semangat dan kerja keras dari seluruh karyawan Garuda Indonesia. Dan harapan saya tentunya agar masyarakat Indonesia lebih bangga dengan produk nasional, pergi kemana saja naiknya Garuda Indonesia.

Demikian wawancara tim Cabe Rawit dengan Bapak Asa Perkasa. Semoga harapan Bapak untuk Garuda Indonesia dapat terwujud, dan kita sebagai masyarakat Indonesia juga dapat lebih mencintai produk dalam negeri.

275262_garuda-raih-the-world-s-best-cabin-crew-2014-dari-skytrax_663_382

“For once you have tasted flight, you will walk the earth with your eyes turned skywards. For there you have been and there you will long to return.” –Leonardo Da Vinci

(Angeline Widjaja)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.