Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Berita

Manfaat Buah Cokelat

Submitted by on 16 December, 2016 – 15:06No Comment

Mendengar tentang cokelat tentu sudah tidak asing bagi kamu, bahkan cokelat dapat dijadikan sebagai hadiah untuk setiap moment-moment penting. Cokelat sendiri berasal dari buah kakao (latin: Theobroma cacao) yang pada awalnya tumbuh di Amazon. Biji kakao sebenarnya sangat pahit rasanya, namun untuk dapat dijadikan cokelat maka diperlukan proses difermentasi.

 

Rasa cokelat yang manis membuat hampir semua orang menyukainya. Tetapi tahukah kamu bahwa cokelat memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan nutrisi?

 

Cokelat memiliki kandungan polifenol sekitar 6% yang berfungsi sebagai antioksidan untuk daya tahan tubuh. Ada banyak penelitian yang sudah membuktikan khasiat cokelat untuk kesehatan. Penelitian di Sandiego School of Medicine, California University, menyebutkan bahwa tingkat stres bisa diminimalisir bahkan dihilangkan dengan cokelat karena cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti kafein, theobromine, methyl-xanthine, dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood dan mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.

 

Selain itu, cokelat juga memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain:

 

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan cokelat yaitu flavanols, bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

 

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Pada saat kamu mengkonsumsi cokelat, terdapat kandungan flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol buruk, LDL. Perlu diketahui bahwa LDL dapat merusak arteri dan berpeluang terkena penyakit jantung.

 

  1. Mengatasi Diabetes

Bagi kamu yang terkena diabetes, cokelat hitam dengan porsi sedang dipercaya dapat meningkatkan pengolahan gula darah, serta dapat mengurangi resiko diabetes.

 

  1. Mencegah Kanker

Walaupun tidak dapat menyembuhkan kanker, namun cokelat dapat mengurangi kerusakan sel yang dapat menyebebakan pertumbuhan dari sel-sel tumor.

 

  1. Obat Penyakit Hati

Senyawa antioksidan di dalam cokelat dapat mengurangi tekanan darah tinggi dalam hati dan mengurangi kerusakan pada pembuluh darah hati.

 

  1. Obat Batuk

Berdasarkan penelitian para ahli bahwa theobromine, senyawa yang ada di dalam kakao, dapat berfungsi untuk mengurangi batuk.

 

Memang jika mengkonsumsi cokelat secara berlebihan dapat merusak gigi dan menyebabkan kegemukan. Segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik untuk tubuh. Asal kamu mengkonsumsi jumlah cokelat dengan bijak, maka kamu akan merasakan manfaat-manfaat yang dimiliki oleh cokelat. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Jeannette Kifli

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.