Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Berita

Membantu Musibah Kelaparan di Afrika Timur

Submitted by on 12 April, 2017 – 12:39No Comment

t1larg.somalia.afp.gi

Sedari dulu, Afrika Timur memang sudah dianggap sebagai “Negara Kelaparan” yang 80% warganya mengalami kekurangan gizi. Tanggal 4 Maret 2017, Perdana Menteri Hassan Ali Khayre menyatakan bahwa musibah kekeringan dan kelaparan telah menyebabkan sekitar 110 penduduk pada satu region di Somalia meninggal dalam kurun waktu 48 jam. Sejak tahun 2015, kegagalan hujan yang berturut-turut telah menyebabkan kekeringan parah di sebagian besar wilayah di Somalia. Tidak banyak penduduk Somalia yang berhasil menemukan akses air.

Walaupun kekeringan ini memberikan dampak besar terhadap dunia, hanya sedikit sumber media yang menerbitkan berita tentang musibah ini dan hanya sedikit pula masyarakat yang mengetahui tentang ini.

Faktor geografis dan cuaca panas yang sering terjadi di daratan Afrika Timur itu juga kerap menyebabkan kebakaran. Kondisi seperti ini semakin dipersulit dengan kasus pemberontakan dan konflik bersenjata yang menjadi beban pemerintah dalam menyiapkan bahan pangan untuk masyarakatnya.

Jerome-Jarre-Turkish-Airlines-Help-Somalia

Pemuda asal Paris bernama Jerome Jarre memulai sebuah trending topic mengenai kelaparan dan kekeringan yang sedang terjadi di Somalia. Pada tanggal 15 Maret 2017 lalu, ia mendapati kabar dari kerabatnya yang menjadi perwakilan dari United Nations Organization yang mengatakan bahwa: “Saya baru saja melihat bocah perempuan meninggal karena dehidrasi setelah bersama-sama dengan ibunya jalan sepanjang 90 miles (144 KM) untuk mencari air.”

Dengan berkampanye menggunakan tagar #TurkishAirlinesHelpSomalia, Jarre berhasil meminta kepada Turkish Airlines untuk membantu mengangkut sumbangan sembako sebanyak mungkin ke Somalia, karena hanya Turkish Airlines satu-satunya penerbangan internasional yang melayani akses perjalanan ke Bandar Udara International Mogadishu. Turkish Airlines memberi waktu selama 10 hari untuk mencari donasi sebanyak mungkin. Dalam waktu kurang dari 24 jam, dana yang dikumpulkan berhasil mencapai target 1 juta USD, dan di hari kedua, dapat total dana yang dikumpulkan sebesar 1.6 juta USD.

Pada tanggal 27 Maret 2017 kemarin, Turkish Airlines berhasil mengangkut seberat 60 ton makanan seperti nasi, minyak masak, bubur, biskuit bayi, tepung, gula ke Somalia. Turkish Airline menyetujui akan terus mengangkut donasi-donasi seberat 60 ton hingga bencana kekeringan usai.

soma-MMAP-md

Apa penyebab terjadinya bencana kelaparan di suatu negara?

Famine is a widespread scarcity of food. Bencana kelaparan adalah sebuah bencana yang disebabkan oleh kurangnya bahan pangan di suatu wilayah. Bencana ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti kegagalan panen, tidak seimbangnya populasi dalam suatu negara, juga kebijakan pemerintah. Faktor-faktor seperti ini akan berdampak pada kekurangan gizi, kelaparan, dan meningkatnya garis kematian di negara tersebut.

Membantu Afrika Timur melalui organisasi dunia
Kondisi yang sangat memprihatinkan di Afrika Timur membuat organisasi-organisasi di dunia mengajak orang-orang untuk berpartisipasi mengulurkan bantuan kemanusiaan. Organisasi tersebut antara lain:

1. The 100 Campaign
Dengan menyumbangkan 100 USD via online, kamu sudah bisa memberikan asupan gizi kepada 1 anak selama 100 hari. Kamu juga bisa mengirimkan SMS ke nomor 20222 dengan mengetik kata ‘SURVIVE’, maka pemerintah Amerika akan secara langsung menyumbangkan 10 USD ke organisasi The 100 Campaign ini.

2. Action Against Hunger

action

Organisasi ini menyediakan pasokan obat-obatan untuk anak-anak dengan umur di bawah 5 tahun yang membutuhkan nutrisi. Disediakan juga makanan darurat, air bersih, dan program untuk meningkatkan kebersihan terhadap masyarakat di Kenya, Ethiopia, Djibouti, serta wilayah selatan Somalia. Kamu dapat mendonasikan 10 USD melalui Action Against Hunger dengan mengirimkan SMS ‘NOHUNGER’ ke 20222.

3. UNICEF

bunicef

UNICEF meminta total dana sumbangan sebesar 31.8 juta USD dalam waktu 3 bulan untuk membantu proses upaya bantuan. Hasil sumbangan ini akan digunakan untuk menyediakan therapeutic treatment bagi wanita dan anak-anak yang kekurangan gizi. Selain itu juga disediakan akses untuk air bersih dan vaksin untuk mencegah penyakit yang mematikan seperti polio dan measles. Masyarakat diajak untuk membantu meningkatkan donasi-donasi melalui UNICEF dengan cara mengirimkan SMS dengan kata ‘FOOD’ ke 864233, dengan begitu Amerika Serikat akan membantu menyumbang 10 USD dari setiap SMS yang masuk.

4. International Medical Corps

INGO_IMC

International Medical Corps adalah organisasi yang sudah mempunyai base di Somalia, Ethiopia, dan Kenya untuk menyediakan bahan pangan dan minuman, kebersihan, dan juga membantu orang-orang yang memiliki masalah kesehatan di kamp pengungsian. Untuk membantu para penduduk Afrika yang sedang dehidrasi, kamu bisa mengirimkan SMS ‘AFRICA’ ke 80888. Hasil dari donasi yang diterima akan dipotong dari biaya tagihan telepon.

Bersyukur tentunya merupakan hal kecil yang harus selalu diingat. Sudah sepatutnya kita selalu bersyukur mengingat kondisi saudara-saudara kita yang sedang berjuang menghadapi bencana kelaparan dan kekeringan di sana. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak mampu hidup sendiri. Dengan kemampuan yang kita miliki, marilah kita mengulurkan tangan membantu sesama kita yang membutuhkan dengan harapan kehidupan mereka dapat menjadi lebih baik. Kalau bukan kita, siapa lagi? Salam pedas!

Penulis: Angeline Suhindra

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.