Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Info

Rayakan Natal dengan Berbagi

Submitted by on 25 December, 2016 – 01:44No Comment

img_6816Hari Raya Natal dirayakan pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya oleh umat Kristiani seluruh dunia untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Natal berasal dari bahasa Latin yaitu Dies Natalis yang berarti hari kelahiran. Dalam Bahasa Inggris kuno, Natal disebut juga Cristese Maesse atau Cristes-messe yang berarti Misa Kristus. Seiring dengan berjalannya waktu, kata Natal dalam Bahasa Inggris berubah menjadi Christmas. Selain itu sering kita lihat anak-anak muda menulis kata Christmas menjadi X’mas. Ternyata huruf “X” tersebut merupakan Bahasa Yunani, yaitu singkatan dari Kristus (Chi-Rho).

Menghias pohon natal, membagikan kartu ucapan natal, makan bersama keluarga, bertukar kado dan tidak lupa pergi ke gereja merayakan kebaktian atau misa bersama merupakan rutinitas yang biasanya dilakukan pada saat Natal. Namun, kamu dapat membuat suasana dan makna Natal menjadi berbeda. Bagaimana cara untuk membuat Natal menjadi lebih indah dan berkesan?

1. Menjadi hadiah bagi sesama
Saat menjelang Natal, mayoritas orang akan membeli banyak hadiah untuk dibagi-bagikan kepada teman atau keluarga. Namun, yang perlu diingat adalah sudahkah kamu membahagiakan orang lain dengan kehadiranmu? Apakah kamu sendiri sudah menjadi hadiah bagi mereka? Alangkah baiknya jika setiap Natal, kita bisa menjadikan diri kita sebagai kado terindah bagi orang-orang sekitar.

2. Menunjukkan kasih sayang kepada orang yang kita cintai
Biasanya saat perayaan Natal, kamu akan mendapatkan banyak hadiah dari sanak saudara, keluarga, dan teman-teman mereka. Selain saling memberi kado, tentu jangan lupa untuk menunjukkan rasa kasih sayangmu terhadap mereka, terhadap orang tua, sanak saudara, serta teman-teman. Caranya? Bisa dengan ucapan sayang atau cukup dengan sekedar memberi pelukan hangat.

3. Memberikan harapan
Tidak hanya sekedar memberikan kartu ucapan selamat, tetapi kamu juga bisa memberikan semangat dan harapan kepada mereka yang sedang mengalami kesulitan dan putus asa agar dapat bangkit kembali.

4. Memberi sedekah kepada fakir miskin
Kue-kue kering dan berbagai jenis makanan tentunya akan menjadi pelengkap saat Natal. Makan bersama keluarga juga akan menjadi moment yang tidak terlewatkan. Tetapi, di sisi lain masih banyak orang-orang yang kurang mampu dan tidak mendapatkan cukup makan. Kamu dapat membagikan sedikit kebahagiaan yang kamu miliki dalam bentuk sedekah kepada mereka.

5. Menyumbangkan pakaian
Natal identik dengan belanja pakaian baru. Kamu dapat memilah pakaian lama layak pakai yang sudah tidak ingin digunakan lagi untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

6. Menjadi cahaya natal
Menghias pohon-pohon natal dengan berbagai hiasan dan lampu kelap-kelip membuat suasana Natal menjadi lebih indah penuh cahaya. Hari Natal pastinya akan terasa lebih indah lagi jika diri kamu juga bisa menjadi cahaya yang mampu menerangi hidup ini.

Demikianlah hal-hal kecil namun sangat bermakna yang dapat kamu lakukan menyambut Hari Natal. Selamat Hari Natal kepada teman-teman yang merayakan. Semoga berkah Natal selalu melimpah untuk kita semua. Merry Christmas!

Penulis: Stefanie Kurniawan

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.