Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Tips untuk pelajar

Tips Sehat Untuk Beradaptasi di China

Submitted by on 11 September, 2012 – 12:55No Comment

Hi pembaca Cabe Rawit semua di kota manapun kalian berada, how’s your summer going? Tidak lama lagi bakal banyak “newbies” datang ke kota kalian. Nah, di edisi kali ini, penulis mengangkat tema, gimana beradapatasi di China bagi para “newbies”.
Makanan
Banyak sekali makanan enak di China, dari yang biasa seperti shaokao, malatang, sampai dengan makanan aneh kaya daging buaya, kalajengking goreng, dll. Hal yang paling di khawatirkan bagi para newbies biasanya adalah cocok ga yah sama makanan disini. Memang wisata kuliner itu menyenangkan, mencoba berbagai makanan baru, apalagi yg yummy-yummy. Tetapi sebagai newbies, kalian perlu perhatikan beberapa hal seperti ini:
1. Rasa
Biasa di indo makanan apapun pasti dikasih cabe ato sambel, cabe di China nggak sama loh ma di indo. Disini ada yang make cabe bubuk (biasa di mi), cabe mala yang bikin lidah kelu (makanan Sichuan), cabe ulek tapi rasanya asin, cabe yang berminyak, dan masih banyak lagi. Jangan sampe keasikan nambah cabe perut malah jadi nggak enak. Karena makan makanan yang panas dan asam pedas terus menerus akan meningkatkan resiko terkena radang lambung (maag). Jadi bijaksanalah menambah cabe.
2. Kebersihan
Mungkin resto di kota besar seperti Beijing ato Shanghai kebersihan sepertinya bukan masalah lagi, namun di beberapa resto di kota lainnya mungkin ga sama bersihnya seperti disana, jadi kalian para newbies harus bisa adaptasi, terkadang di resto yg kita makan dapurnya itu jorok. Jadi lihat-lihat aja tempat makannya, karena banyak penyakit yg gampang menular dari proses memasak, tempat memasak atau bahan masakan yang nggak bersih. Paling enteng mungkin Cuma kena diare, tapi diarepun bisa sangat menyusahkan.
3. Gizi
Cukupilah gizi kalian dengan banyak minum air, makan buah dan sayuran. Karena summer di China itu panas bgt. Air akan membantu tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga metabolisme pun berjalan dengan normal dan fungsi-fungsi organ berjalan dengan baik. Serat dari sayuran akan membantu anda buang air dengan lancar, karena banyak makanan di China yg berminyak, buah dan sayuran juga akan melengkapi sumber vitamin dan mineral, tubuh pun akan lebih segar dan jarang terserang penyakit. Karena daya tahan tubuh itu penting di saat summer akan berganti musim basah.
Cukup Gerak
Olahraga sedikit-sedikit dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh fit dan nggak gampang sakit, berguna juga unktuk ngebakar kalori karena pasti newbies makannya bakal banyak bgt. Bisa dengan jogging, naik turun tangga, dll. Olahraga yang paling gampang itu jalan, dan yang paling nyenengin dan bikin semangat jalan yah belanja, so jangan ragu2 keluar rumah dan berkeliling ampe kaki pegel. Selain mata puas lihat barang, lemak juga akan kebakar. Terutama musim panas, keringet pun pasti ngalir dengan deras, seperti di sauna.
Istirahat cukup
Setelah puas membakar lemak dengan berkeliling cuci mata, sudah seharusnya tubuh mendapatkan istirahat yang dibutuhkan unk menghadapi hari esok. Berdasarkan riset terbaru, tidur yang cukup selain bisa menenangkan tubuh juga dapat menurunkan berat badan, karena dalam tidur pun tubuh akan terus membakar kalori yang ada. Bagi sebagian orang mungkin tidak bisa tidur lama-lama, tapi tidur tidak hanya berdasarkan kuantitas tp juga kualitas. Seperti atlit olimpiade, istirahat yg mereka dapatkan selama berlomba pasti tidak sebanyak waktu mereka latihan, nah ini dia beberapa tips istirahat berkualitas bak atlit olimpiade:
1. Pastikan kasur, bantal dan selimut dapat memberikan dukungan yang tepat
2. Pilih tempat dan posisi tidur yang tidak menyulitkan napas, nyaman dan membantu tidur kalian. Posisi yg paling baik adalah posisi janin (posisi kedua kaki menekuk ke arah dada) dengan bagian yang non-dominan, jika anda dominan tangan kanan maka mengarahlah ke sebelah kiri, begitu juga sebaliknya
3. Rencanakan waktu bangun tidur dengan baik, besok pagi pun kalian tidak akan kerepotan ketika oversleep
4. Tidur siang selama 20-40 menit dari jam 1-4 sore bisa membantu anda untuk recharge energy buat kerja seharian
5. Makan dan minum serta cukup kena sinar matahari
6. Suhu optimum untuk tidur yang baik adalah 16-18o C
7. Makan malam terakir sekitar 3-4 jam sebelum tidur, sedangkan snack terakhir sekitar 90 menit sebelum tidur
8. Matikan semua gadget
9. Ke kamar mandi 15 menit sebelum tidur
10. Gunakan lampu yang redup atau matikan sama sekali, kondisi ini akan merangsang terlepasnya hormone melatonin yang bisa meredakan stress dan meringankan ketegangan otot
Untuk para newbies disarankan menyediakan beberapa obat2an first aid, kalo misalnya sakit secara mendadak (penulis hanya menyebutkan nama obat generic, bukan merek jual).
1. Obat maag, golongan antacid akan dengan cepat menghilangkan rasa sakit bagi maag awal, jika kurang ampuh bisa mencoba obat dengan kandungan cimetidine atau ranitidine, obat golongan omeprazole juga dapat membantu.
2. Obat alergi, banyak sekali penyebab alergi, obat paling mudah adalah mengetahui penyebab alergi anda, jika kalian belum tau bisa berkonsultasi pada dokter dan melakukan tes allergi, beberapa jenis obat untuk membantu mengurangi gejala alergi seperti gatal-gatal, kulit kemerahan adalah dexamethasone (bisa minum atau gel), CTM (minum), loratadine. Untuk lebih pasti apakah anda menderita allergi atau penyakit kulit lainnya disarankan unk berkonsultasi dengan dokter.
3. Obat pereda sakit, obat pereda demam golongan NSAID seperti ibuprofen dan acetaminophen jg ampuh untuk nyeri ringan.
4. Obat diare, penderita diare akan banyak kehilangan cairan sehingga mudah terkena dehidrasi, cukup cairan adalah salah 1 pertolongan pertama untuk penderita diare, selanjutnya disarankan unk berkonsultasi ke dokter karena penyebab diare tidaklah sama.
Semoga dengan beberapa info diatas, teman-teman baru yang mengunjungi China (dimanapun kalian berada) bisa dengan cepat beradaptasi dengan kotanya masing-masing. Welcome y’all!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Dr. Billyanto Tanzil MBBS
(penulis adalah alumni GuangXi Medical University, aktif menulis untuk Cabe Rawit atas nama Ikatan Mahasiswa Kedokteran Indonesia, IMKI)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.