Fokus

Berisi artikel-artikel utama yang menjadi tema majalah Cabe Rawit.

Profil

Wawancara dengan tokoh Indonesia atau Tiongkok yang inspiratif dan berprestasi.

Event

Mengupas aktivitas terbaru pelajar Indonesia di Tiongkok

Tips untuk pelajar

Tips untuk pelajar di Tiongkok mengenai kehidupan sehari-hari, beasiswa, visa dan sebagainya.

Rekreasi & Hiburan

Membahas potensi pariwisata Tiongkok yang menarik dan layak dicoba

Home » Rekreasi & Hiburan, Tips untuk pelajar

Yuk Bersepeda!

Submitted by on 27 March, 2017 – 18:59No Comment

Pada kali ini Cabe ingin membahas tentang manfaat bersepeda. Bersepeda merupakan olahraga yang cukup mudah dilakukan terutama di negeri Tiongkok ini karena mudahnya akses bersepeda yang bisa kita dapatkan. Bersepeda dapat menyehatkan tubuh dan jiwa kita, karena kita bisa berolahraga dan melatih fungsi-fungsi organ tubuh kita, serta membuat diri kita merasa senang karena dapat bersosialisasi dengan sesama dan melepaskan hormon dopamine yang biasa diperoleh ketika kita berolahraga. Mari kita mulai!

 

  1. Mempertahankan Daya Tahan Tubuh

Mengingat bersepeda adalah olahraga, jika Anda lakukan secara rutin jelas akan membuat sehat. Tubuh yang sehat, maka akan memuat saya tahan tubuh selalu terjaga. Dengan terjaganya daya tahan tubuh, maka penyakit pun semakin sulit untuk menjangkit kita.

  1. Menyehatkan Organ Jantung

Mengayuh sepeda perlu tenaga. Detak jantung akan berirama ketika Anda mengayuhnya. Jarak dekat dan jauh, maka irama detak jantung akan berbeda. Ketika Anda bersepeda jarak jauh, maka akan membuat jantung Anda lebih sehat.

  1. Mengencangkan Otot

Bersepeda akan membuat otot-otot tubuh Anda menjadi lebih kencang. Sebab semua bagian tubuh Anda mau tidak mau harus digerakkan. Walaupun kaki untuk mengayuh, namun tangan, punggung, dan bagian tubuh yang lain akan terpicu untuk ikut bergerak.

  1. Mengatur Pernapasan

Anda tentu akan terengah-engah ketika mengayuh sepeda dalam waktu lama dan jarak berkilo-kilo meter. Namun itu akan menyehatkan pernapasan Anda. Anda akan lebih dapat tertaur dalam bernapas. Sebelum olahraga ada baiknya melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudahnya. Manfaat pemanasan dan pendinginan ini sangat penting untuk mengatur ritme saat berolahraga.

  1. Memperkuat Kerangka Tubuh

Mungkin orang mengira jika bersepeda, maka posisi tubuh sedikit membungkuk. Jangan berpikir itu akan membuat tubuh menjadi bungkuk. Sebaliknya, kerangka tubuh Anda akan semakin kuat dan tegak dengan bersepeda setiap hari.

  1. Pilihan Diet Sehat

Memilih cara bersepeda untuk menjalankan diet, maka tubuh Anda jelas akan memperoleh manfaat kesehatan. Anda tidak perlu menyiksa tubuh untuk menghindari konsumsi makanan tertentu. Asal pola makan Anda terjaga, maka itu sudah cukup dengan Anda bersepeda.

  1. Mengurangi Tingkat Stress

Jika Anda terserang stress ringan, cobalah untuk bersepeda. Dijamin sstress Anda akan berkurang. Sebab ketika Anda bersepeda, maka Anda akan menyaksikan banyak pemandangan yang berbeda. Sehingga dapat melupakan dengan segera penat yang melanda Anda.

  1. Menghalau Keluhan Sakit Pada Punggung

Masih muda, maka sehatkan tubuh dengan cara yang benar yaitu, bersepeda. Dijamin jika Anda sering mengeluhkan sakit pada punggung, asalkan Anda rutin bersepeda, maka keluhan itu tidak akan Anda rasakan kembali.

  1. Membuat Pikiran Lebih Tenang

Dengan bersepeda, pikiran Anda akan dapat tenang. Sebab dengan mengayuh sepeda, ada irama keteraturan yang Anda lakukan. Kegiatan fisik tersebut dapat berpengaruh dalam pikiran Anda. Sehingga jika Anda merasa pikiran tidak kunjung tenang, bersepedalah.

  1. Mampu Mengontrol Suplai Oksigen Tubuh

Bersepeda, maka napas Anda akan terengah-engah. Aliran oksigen akan banyak terkuras karena energi yang besar Anda gunakan. Namun dengan begitu, tubuh Anda mampu menontrol suplai dari oksigen tubuh. Tidak perlu khawatir oksigen tubuh Anda berkurang.

  1. Pencegah Penyakit Kanker

Kanker tergolong sebagai penyakit yang cepat menjalar ke seluruh tubuh. Kanker juga termasuk penyakit yang berkembang dalam waktu jangka panjang. Agar Anda tidak terjangkit penyakit kanker, maka lakukan olahraga sepeda. Kemungkinan jikalau ada sel yang memicu penyakit kanker, ketika tubuh Anda selalu dalam keadaan sehat, maka sel yang awalnya akan menjadi kanker dapat dicegah pertumbuhannya.

Sekian informasi dari Cabe! Tunggu informasi menarik dari kami selanjutnya. Salam pedas!!

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.